Popular Articles

Popular Articles

Recent Articles

Recent Articles

Post Tags

Post Tags

Gas Hidrogen Dan Efek Terapetik Terhadap Penyakit Ginjal

person Posted By: Hendry Santoso list In: molecular hydrogen On: comment Comment: 0 favorite Hit: 579

"241 kasus gagal ginjal akut (Acute Kidney Failure) marak belakangan ini dan mengakibatkan kematian hingga lebih dari 50% atau 133 kematian dimana sebagian besar adalah balita"!

Penyebab utama dari gagal ginjal yang sekarang sedang marak masih belum diketahui, namun BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) menduga salah satu penyebab utama terjadinya gagal ginjal ini adalah karena obat batuk sirup yang memiliki kandungan Etilen Glikol dan Dietil Glikol yang dianggap di atas ambang batas sehingga mengakibatkan gangguan akut pada organ ginjal.

Ginjal memiliki fungsi yang sangat vital. Organ ini menyaring sekitar 200 liter darah per harinya. Selain itu, ginjal juga dapat menjadi konverter vitamin D di dalam tubuh serta mengatur keseimbangan asam-basa pada tubuh. Menurut Halodoc, beberapa fungsi ginjal lainnya yang perlu diketahui, yaitu:

1. Menyaring dan Membuang Limbah
Salah satu fungsi ginjal adalah membuang racun, kadar garam berlebih, air dan mineral yang berlebih, serta limbah yang mengandung nitrogen (urea). Tanpa ginjal, limbah dan racun dapat menumpuk di dalam darah dan menimbulkan gangguan kesehatan.

2. Mengendalikan Keseimbangan Air
Fungsi ginjal lainnya yang perlu diketahui adalah mengendalikan dan memantau keseimbangan air dalam tubuh. Melalui organ ini, seluruh jaringan tubuh dipastikan menerima air agar dapat bekerja dengan baik. Ginjal dapat bereaksi terhadap terjadinya perubahan kadar air dalam tubuh. Ginjal mampu menahan air saat tubuh membutuhkannya, sehingga tubuh tidak mengalami dehidrasi.

3. Mengatur Sel Darah Merah
Fungsi ginjal lainnya yang perlu diketahui adalah mengatur sel darah merah. Peredaran darah membutuhkan oksigen. Saat tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup, maka ginjal akan mengeluarkan hormon eritropoietin. Hormon tersebut dapat merangsang produksi sel darah merah lebih banyak, agar tubuh mendapatkan oksigen lebih banyak. Jika sel darah merah atau kadar oksigen sudah normal, hormon tersebut berhenti diproduksi.

4. Mengatur Tekanan Darah dan Kadar Garam
Mengatur tekanan darah dan kadar garam dalam darah juga merupakan fungsi ginjal yang tak kalah penting. Ginjal akan memproduksi enzim renin sebagai prosesnya. Ketika menyaring darah, aliran dan tekanan darah yang stabil dibutuhkan oleh ginjal.

Beberapa penyebab terjadinya Gagal Ginjal adalah:

Ada berbagai macam penyakit pada ginjal, salah satunya adalah penyakit ginjal kronis. Hal ini dapat ditandai dengan adanya protein dalam urine dan adanya penurunan fungsi ginjal. Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab dari penyakit ini, seperti:

  • Diabetes.
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi).
  • Glomerulonefritis.
  • Penyakit ginjal polikistik.
  • Batu ginjal.
  • Infeksi saluran kemih.
  • Obat-obatan dan racun.

Hingga saat ini belum diketahui pasti penyebab gagal ginjal akut. Senyawa berbahaya dalam obat sirop anak, seperti etilen glikol (EG) dan diatilen glikol (DEG), diduga berkontribusi memicu kerusakan ginjal pada anak.

GEJALA GEJALA GAGAL GINJAL MISTERIUS DI INDONESIA

Demam, diare, dan menurunnya frekuensi kencing jadi gejala khas gagal ginjal akut yang perlu diwaspadai. Namun, pada ratusan kasus di Indonesia, tak semua pasien mengalami beberapa gejala di atas. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat ada 11 gejala yang dialami pasien di Indonesia. Berikut di antaranya.

  • demam (202 pasien),
  • kehilangan nafsu makan (123 pasien),
  • malaise atau kelelahan (119 pasien),
  • mual (129 pasien),
  • muntah (120 pasien),
  • ISPA (108 pasien),
  • anuria atau ginjal tak mampu memproduksi urine (71 pasien),
  • diare (70 pasien),
  • sakit perut (62 pasien),
  • dehidrasi (51 pasien),
  • oliguria atau volume urine menurun (40 pasien).

Pilihan pengobatan dan perawatan gagal ginjal

Berikut ini menurut Hellosehat.com, ada beberapa cara mengobati gagal ginjal yang disediakan oleh layanan kesehatan, dilansir dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease.

1. Hemodialisis

Salah satu pilihan pengobatan gagal ginjal adalah hemodialisis. Metode dengan menggunakan alat ini dapat membantu tubuh menggantikan bagian dari fungsi ginjal yang hilang seperti:

  • Menyaring darah dari limbah dan kelebihan cairan.
  • Membantu mengendalikan tekanan darah.
  • Membantu menyeimbangkan kadar mineral, seperti kalium, natrium, dan kalsium.
  • Normalnya, sebelum memulai hemodialisis, Anda perlu menjalani operasi kecil untuk membuat akses vaskular, yaitu tempat untuk memasukkan jarum. Hal ini bertujuan agar darah dapat mengalir dari dan kembali ke tubuh selama dialisis.

Walaupun hemodialisis bukan obat untuk gagal ginjal, metode ini membantu Anda merasa lebih baik dan bertahan hidup lebih lama. Pada saat proses perawatan hemodialisis berlangsung, pasien gagal ginjal juga perlu mengubah gaya hidup mereka.

2. Dialisis peritoneal

Berbeda dengan hemodialisis yang dapat dilakukan baik di rumah maupun pusat dialisis, prosedur dialisis peritoneal dijalankan di rumah.

Pilihan pengobatan gagal ginjal yang satu ini memakai lapisan perut untuk menyaring limbah dan kelebihan cairan dari tubuh. Lapisan yang disebut peritoneum ini mengelilingi rongga perut dan akan menggantikan peran ginjal Anda.

Perlu diingat bahwa baik dialisis peritoneal maupun hemodialisis bukan obat yang dapat menyembuhkan gagal ginjal. Kedua cara ini dilakukan untuk menggantikan beberapa fungsi ginjal agar tubuh tetap sehat.

3. Transplantasi ginjal

Jika dialisis dilakukan untuk menggantikan beberapa peran ginjal dalam tubuh, tidak bagi transplantasi ginjal. Transplantasi ginjal adalah prosedur meletakkan donor ginjal yang sehat ke dalam tubuh.

Dibandingkan dengan dialisis, perawatan gagal ginjal yang satu ini bertujuan agar fungsi ginjal diambil alih sepenuhnya oleh organ yang sehat. Namun, transplantasi ginjal juga bukan pengobatan yang mutlak dapat menyembuhkan gagal ginjal Anda.

Tidak sembarang orang dapat menjalani transplantasi ginjal dalam waktu dekat. Anda perlu menunggu untuk ginjal donor dan akan dipanggil berdasarkan tingkat keparahan dan kebutuhan. Pada saat Anda menunggu, prosedur dialisis tetap dibutuhkan.

4. Perawatan konservatif

Transplantasi ginjal mungkin tampak seperti jalan terakhir dalam mengobati gagal ginjal agar tetap bertahan hidup. Namun, sebenarnya ada pilihan obat dan perawatan lainnya ketika hidup dengan ginjal yang rusak, yaitu perawatan konservatif.

Perawatan konservatif adalah metode bertujuan untuk meringankan gejala gagal ginjal tanpa dialisis ataupun transplantasi ginjal. Satu hal yang perlu diingat bahwa sama seperti kedua perawatan yang telah disebutkan, cara ini tidak dapat mengobati gagal ginjal sepenuhnya.

Bagaimana obat herbal untuk gagal ginjal?

Penyakit gagal ginjal adalah kondisi yang serius dan membutuhkan perawatan sedini mungkin oleh dokter, mulai dari antibiotik hingga transplantasi ginjal. Sementara itu, penggunaan obat herbal untuk mengatasi gagal ginjal tidak menjadi prioritas.

Obat herbal yang diklaim dapat mengobati gagal ginjal ternyata sering dinilai tidak aman karena beberapa diantaranya justru dapat memperparah kerusakan ginjal.

Jika Anda ingin memakai suplemen herbal tertentu untuk meringankan gejala yang dialami, tanyakan kepada dokter, apakah aman atau tidak.

Pilihan obat dan perawatan untuk mengatasi masalah yang disebabkan gagal ginjal memang cukup bervariasi. Selama perawatan berlangsung pun pasien gagal ginjal perlu memperhatikan pola hidup mereka agar tubuh tetap sehat dan dapat bertahan hidup.

Salah satu cara untuk menjaga fungsi ginjal dengan baik adalah dengan mengkonsumsi air putih. Dilansir dari Herminahospitals.com, berikut adalah beragam manfaat mengkonsumsi air putih untuk menjaga kesehatan ginjal:

  1. Mengganti cairan yang keluar dari tubuh
  2. Mengatur Suhu Tubuh
  3. Mencegah penyakit batu ginjal
  4. Menghilangkan atau menetralisir racun dalam tubuh 

 Jadi jelas sekali bahwa air putih tidak hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap saat, namun mempunyai beragam manfaat. 

Namun pemilihan dalam mengkonsumsi air putih pun wajib diperhatikan! Ada beberapa anggapan bahwa mengkonsumsi air ber pH tinggi dapat membantu melarutkan kristal di dalam ginjal, faktanya hal tersebut belum didukung oleh penelitian lebih lanjut, malah beberapa penelitian mengemukakan bahwa air ber-pH tinggi dapat membebani kinerja ginjal, oleh karenanya dalam kemasan produk air minum dalam kemasan (AMDK), dilabeli dengan peringatan "minuman pH tinggi, hati hati bagi penderita penurunan fungsi ginjal dan gangguan lambung.

KONSUMSI AIR ALKALINE MEMBUAT ALKALINITAS PADA TUBUH?

Karena tubuh dapat meregulasi kadar pH-nya terlebih karena setiap organ memiliki pH yang berbeda-beda, paru dan paru dan ginjal adalah salah satu organ yang berperan penting yang mengatur kadar pH tubuh. Mengkonsumsi air alkalin tidak serta merta membuat tubuh menjadi dalam kondisi alkali, terlebih air yang masuk ke dalam lambung akan berubah menjadi asam seketika. Cara terbaik untuk membuat tubuh dalam kondisi alkalinitas adalah dengan:

  • Mengkonsumsi makanan yang bergizi
  • Mengkonsumsi serat lewat sayur-sayuran dan buah-buahan
  • Tidak merokok
  • Tidak mengkonsumsi minuman ber-alkohol
  • Rajin berolah-raga secara teratur
  • Mengkonsumsi air putih secara teratur
  • Istirahat yang cukup

BAGAIMANA DENGAN AIR HIDROGEN?

Lantas apa perbedaan dengan air hidrogen? Nah perbedaan mendasar Alkaline Ionizer dengan Hydrogen Generator adalah molekular hidrogen adalah molekul yang netral, artinya tidak berpengaruh terhadap kadar pH air. Kalaupun terdapat pengaruh, hasilnya tidak signifikan untuk dapat meningkatkan pH <0.5. Pernyataan ini senada dengan apa yang dikatakan oleh Tyler Le Baron selaku Executive Director dari Molecular Hydrogen Institute, sebuah organisasi nirlaba yang mendedikasikan studi mengenai Molekular Hidrogen dan mempublikasikan jurnal-jurnal yang sudah diteliti di lebih dari 1,200 penelitian terhadap lebih dari 170 penyakit.

EFEK TERAPETIK / TERAPI MOLEKULAR HIDROGEN

Jadi jelas bahwa molekular hidrogen adalah molekular yang netral dan tidak ada pengaruh signifikan terhadap pH air, dengan kata lain, pH air akhir = pH air awal. Selain itu molekular hidrogen terbukti mengandung efek terapetik yaitu mengandung anti oksidan yang tinggi dan juga mengandung anti inflamasi. Mengapa dikatakan mengandung anti oksidan yang tinggi?

Hidrogen (H) adalah atom yang teringan di alam semesta ini dan memiliki berat molekul 1.079 gr / molecule. Dengan kata lain, Gas Hidrogen (H2) memiliki 2 atom hidrogen dan memiliki berat molekul sebesar 2.158 gr / molecule. Hidrogen memiliki anti oksidan yang bersifat selektif terutama untuk menangkal radikal hidroksil yang dapat mengakibatkan stress oksidatif pada sel sel tubuh. Bahkan jika dibandingkan dengan vitamin C sekalipun yang dikenal sebagai raja anti oksidan memiliki berat molekul 176 gr / molecule.

Dr. Shigeo Ohta pada tahun 2007 menemukan bahwa efek daripada gas hidrogen mengandung efek terapetik yang dapat digunakan untuk membantu proses kesembuhan penyakit dan molekular hidrogen ini bersifat netral serta nol toksisitas (tidak beracun dan tidak mengandung efek samping).

Lebih dari 1,200 penelitian telah dilakukan mengenai molekular hidrogen terhadap lebih dari 170 kasus penyakit, termasuk di dalamnya adalah diabetes, gagal ginjal, kanker, tumor, stroke, hipertensi, jantung koroner, parkinson dan masih banyak lagi. Penelitian yang dilakukan membawa hasil yang cukup menjanjikan, namun tentu saja, masih diperlukan lebih banyak penelitian lanjutan mengenai hal ini.

Sejatinya molekular hidrogen adalah gas hidrogen (H2) yang diteliti mengandung super anti oksidan dan anti inflamasi, bahkan kandungan anti oksidan yang terdapat dalam molekular hidrogen 88x lebih ringan dibandingkan dengan vitamin C sekalipun yang terkenal akan anti oksidannya. Molekular hidrogen adalah gas yang teringan dan terkecil sehingga memenuhi syarat untuk bekerja di dapur sel (mitokondria) dan karena itulah dapat menembus ke dalam inti sel (nukleus) serta bekerja secara selektif menangkal radikal bebas.

 

 

MEMPERKENALKAN HIDROMIZU PLUS DENGAN TEKNOLOGI SPE / PEM YANG MENGHASILKAN AIR HIDROGEN HINGGA 5,000PPB


Hidromizu adalah brand terlengkap untuk produk-produk hidrogen, mulai dari mesin penghasil air hidrogen (portable), spray (semprotan wajah), spa (mesin untuk mandi), JUG Series dan terkini, Hidromizu memiliki mesin inhalasi hidrogen premium yang dapat menghasilkan gas hidrogen hingga 15x lipat dibandingkan mesin penghasil air hidrogen / inhalasi portabel.

Hidromizu Inhaler Series (HIS) mampu menghasilkan gas hidrogen mulai dari 150 ml /menit hingga 300 ml / menit yang secara rata-rata 15x - 30x lipat dibandingkan mesin / botol penghasil air hidrogen yang ada di pasaran. Hidromizu Inhaler dapat digunakan untuk terapetik. Dengan kecepatan aliran 150 ml / menit, gas hidrogen dengan manfaat anti oksidan dapat dengan mudah tersebar ke seluruh bagian tubuh dengan seketika dan manfaat terapetik dapat dirasakan dalam waktu singkat.

PERHATIKAN BAHWA PASIEN GAGAL GINJAL TIDAK DAPAT MENGKONSUMSI AIR DALAM JUMLAH BANYAK, BAHKAN ADA YANG TIDAK BISA MENGKONSUMSI AIR SAMA SEKALI! NAMUN GAS HIDROGEN YANG MENGANDUNG ANTI INFLAMASI DAN ANTI OKSIDAN BERPERAN PENTING DALAM STUDI KASUS PASIEN GAGAL GINJAL.

Jurnal dari Asosiasi Kesehatan China Menunjukkan bahwa hidrogen molekular dapat membantu mengatasi stress oksidatif yang terjadi pada ginjal.

Selain itu, Hidromizu Inhaler Series (HIS) dapat juga menghasilkan minuman berhidrogen dengan kandungan hidrogen mulai dari 1,500ppb hanya dalam waktu 1 menit saja! Pada umumnya, mesin penghasil air hidrogen hanya dapat menghasilkan air hidrogen dan tidak dapat digunakan untuk membuat minuman berhidrogen lainnya.

Hidromizu Inhaler Series menjadi jawaban atas kebutuhan anda yang tetap ingin mengkonsumsi minuman lainnya seperti teh, susu, juice, kopi dan minuman lainnya yang dapat dibuktikan mengandung hidrogen aktif hingga 1,500ppb hanya dalam waktu 1 menit!

DAPATKAN PRODUK PRODUK HIDROGEN TERBAIK, TERLENGKAP, BERGARANSI DAN TERJANGKAU DI KELASNYA. 

Kunjungi official store kami sekarang juga di www.tomisui.id dan dapatkan promo menarik dan garansi resmi hingga 18 bulan. 

Comments

No comment at this time!

Leave your comment

Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember
loader